Pages

Kamis, 20 Desember 2012

Sambal Terong


Dapur Bunda Radit - Menu hari ini Sambal Terong.Sudah lama Dapur Bunda Radit nggak pernah masak masakan yang satu ini.Dulu sih,pas Tante masak masakan ini sama sekali nggak selera untuk menyantapnya.Masakan apa ini?Kok bentuknya kayak gini???hehehe....Apalagi kulit terongnya memang nggak dikupasin.Jadi geli sendiri nengoknya.Tapi kata Tante sih enak....terus disuruhnya deh nyobain.Dan.....emang enak sih...hehehe....Abis tu jadi ketagihan.Baiklah,langsung kita praktek yuk....!!!


Bahan - bahan :
1. 500 gram terong ungu,cuci,potong-potong sesuai selera
2. 23 buah cabe merah keriting
3. 2 siung bawang putih
4. 3 buah bawang merah
5. 1 buah kemiri
6. 1 buah tomat ukuran sedang
7. Garam,Gula dan Penyedap rasa secukupnya
8. Air secukupnya

Cara membuat :
1. Terong yang sudah dipotong-potong digoreng hingga matang/layu
2. Sambil menggoreng,tumbuk bumbu-bumbu (cabe,bawang putih,bawang merah,kemiri dan tomat ) sampai halus
3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga tercium aroma harum
4. Tambahkan air,garam,gula dan penyedap rasa,aduk rata
5. Masukkan terong yang sudah digoreng,aduk lagi sampai rata
6. Angkat dan siap dihidangkan
7.Happy cooking,Bunda.... :) 

28 komentar:

  1. kalau yang ini asli makanan favorit saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata jadi favorit jg ya?hehe...
      Makasih kunjungannya,Sob... :)

      Hapus
  2. Saya mewajibkan istri saya bikin sambel terong 3 hari sekali. Seperti nggak makan rasanya tanpa sambel ini mbak? Oh, Kebumen ya mbak? saya Purwokerto (ora takon) hehehe...salam:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jadi menu wajib ya? :)
      Y,rang Kebumen neh...
      Purwokerto ya?Q ndisit jg pernah neng Purwokerto (ora takon jg ya?)hehe...
      Salam kenal ya? :)
      Makasih dah mampir kesini... :)

      Hapus
  3. Enak Bun, saya suka.
    Saya lebih milih terong yg disambal daripada terong yg disantan.

    BalasHapus
  4. waduh enaknya ingat ibu di kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Q malah jd inget tanteku kalo masak menu ini.... :)

      Hapus
  5. Kebetulan tidak suka yang namanya terong sob hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Q jg tdinya g suka pi pas di masak kek gni jd suka.... hehe... :)

      Hapus
  6. Terong bisa jadi makanan Istimewa kalau yang mengolahnya istimewa ya Teman :)

    BalasHapus
  7. kalau terongnya ga dimasak tapi dipotong kecil, mentah seperti lalapan gitu...mmmmmenak juga....

    BalasHapus
    Balasan
    1. q malah kurang suka selain dimasak sambal kek gini hehe.... :)

      Hapus
  8. .. aq gak suka terong. huhh. he..86x. entah kenapa, padahal aq juga gak pernah nyoba. aneh ya?!? he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. .. he..86x. hu um. oia nich kok gak ada yg terbaru ya?!? emmmm,, ..

      Hapus
    2. Yang terbaru segera menyusul hehehe.... :)

      Hapus
  9. wah...apalagi di tambahin sama tempe ....lebih mantappp..lagi bund...

    hehe... :)

    BalasHapus
  10. wah...apalagi di tambahin sama tempe ....lebih mantappp..lagi bund...

    hehe... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makin mantap tuh Mas....hehe... :)

      Hapus
  11. Jadi laper liat sambel terong.. pasti enak nih! (˘ڡ˘) yummy

    BalasHapus
  12. aku jadi kangen masakan emak di kampung halaman..
    aku juga suka masak, setelah ini mungkin aku bisa mencobanya di kontrakan..hehe

    BalasHapus
  13. kalo terongny ijo enak jg gx bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,kurang tahu jg ya?
      Coz lom pernah coba pake terong ijo...
      Mungkin lain kali bisa dicoba... :)

      Makasih dah brkunjung... :)

      Hapus
  14. Lau di goreng bermixak bnget...suami kan batuk2....
    Jd di rebus aja...
    Makanan kesukaaaaaannnnnn suamii bngettttt......

    BalasHapus

**Berkomentarlah yang baik,sopan dan no spam

**Dimohon jangan mencantumkan link hidup di dalam komentar

**Berikan kritik dan saran Anda untuk membangun blog ini lebih baik lagi kedepannya

**Terima kasih dan silahkan berikan komentar Anda.... :)