Pages

Senin, 07 Januari 2013

Resep Pecel


Dapur Bunda Radit - Nggak tahu kenapa kemarin pengen banget sama yang namanya pecel.Sampai nggak bisa tidur bayangin tuh makanan Rasanya nggak sabar nunggu pagi biar bisa cepat-cepat bikin pecel.Tambah enak lagi kalau dimakan bersama bakwan yang masih panas/hangat.HHmmm....bikin ngileeeerrrr......Oke deh langsung kita ke dapur yuuk....buat praktek.


Bahan - bahan :
1. 125 gram daun singkong,cuci,rebus dan potong-potong
2. 200 gram kangkung
3. 150 gram kacang panjang,potong-potong kecil
4. 225 gram tauge
5. 150 gram kol/kubis

Bumbu pecel :
1. 250 gram kacang tanah,goreng
2. 11 buah cabe rawit hijau
3. 3 siung bawang putih
4. 3 lembar daun jeruk,buang tulangnya
5. 2 sdm air asam jawa
6. 5 sdm irisan gula merah atau sesuai selera
7. Kencur secukupnya
8. Garam secukupnya
9. Air secukupnya

Cara membuat :
1. Rebus masing-masing bahan pecel secara terpisah
2. Goreng cabe rawit,bawang putih,daun jeruk dan kencur
3. Haluskan bumbu yang sudah digoreng bersama gula merah dan kacang goreng sampai halus
4. Tambahkan air asam jawa,aduk rata,taruh di dalam sebuah toples kecil
5. Ambil sedikit bumbu pecel,campur dengan air secukupnya
6. Susun sayuran yang sudah direbus di dalam sebuah piring
7. Tambahkan diatasnya bumbu pecel yang sudah diencerkan
8. Siap disajikan
9. Happy cooking,Bunda..... :)

49 komentar:

  1. Makasih kak atas infonya kak..boleh coba kak resep nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,sama-sama....
      Boleh dicoba.... :)

      Hapus
  2. nyam..nyam...mantep bund.... :)
    kalo sy...malah lebih maknyus lagi pke krupuk padang sama pke mendoan panas...hmmm..ngeliat mertua lewat di balik tembok..pasti gak ngeliat...sangking enaknya...wkwk.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mendoan? asik tenan. mbak bunda adit udah pernah posting soal mendoan belum ya?

      Hapus
    2. hahaha....Mas Budi bisa aja...mpe segitunya menikmati makanan mpe mertua lewat ja gtw hehehe..... :)

      Hapus
  3. walahh, kalo soal resep, biar menjadi urusan istri saya. tapi kalo soal makan, saya suka ini karena sangat bergizi dan bervitamin. pecel isdebes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang is d'best,Mas.... :)
      Resep Tempe Mendoan dah pernah q posting.
      Tengok ja di camilan.... :)

      Hapus
  4. kayaknya yang punya artikel ini pasti ahli masak hehehe,...langsung di catat mbak resepnya lumayan dapat tambahan ilmu disini hehehe salam,..langsung follow juga mbak disini,..hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ahli juga kok....
      Masih perlu banyak belajar lagi.... :)

      Makasih dah berkunujung kemari,Sob... :)

      Hapus
  5. Wah, yg ini juga ajib nih,cocok di jadikan menu pilihan,apalagi jika di bikin pedes.. wih mantap full dah pokoknya..

    thanks ya bun atas resep" nya..

    sepertinya sudah makin banyak & lengkap aja nih resep menu masakannya..kenapa nggak coba buka restoran atau catering aja bunda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.....masih lom PeDe kalo suruh buka catering,Mas.....
      Apalagi resto.....????

      Coz masih perlu banyak belajar lagi neh..... :)

      Hapus
  6. resep yang bagus bunda.... pengen makan pecel deh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanlah selagi masih ada.....hehehehe.... :)

      Makasih tas kunjungannya ya?

      Hapus
  7. kayaknya enak nih,, eh,pecel blitar juga enak lo bun,,, :)
    usul juga tahu telor,, mantab bun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke deh.....kapan-kapan ya???hehehe.... :)

      Hapus
  8. Enak tuh mba, apalagi dimakannya dicampur sama ketupat. Enak bgt ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap...... :)

      Makasih kunjungannya ya?

      Hapus
  9. pas nii siang siang gini nyantap pecel buatan mbak nya :)
    bertamu di sediain sepiring gag nii..?!?!? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak cuma sepiring....berpiring2 juga dikasih selama masih ada.... :)

      Makasih dah mampir ya???

      Hapus
  10. Itu makanan kesukaan saya Bundaaaaa....!! Sudah enak, sehat lagi. Go Green (^,^)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dunk...... :)
      Itu juga termasuk makfav saya lho....???

      Hapus
  11. bunda makin mantep masakannya.. lama gak mampir bun, mampir donk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok deh.... :)
      Nanti ke TKP...
      Ditunggu ja ya??? :)

      Hapus
  12. Duhh jadi pengen makan pecal saya bun lihat artikel bunda. heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.....
      Makan aja selagi masih ada..... :)

      Hapus
  13. Balasan
    1. Ok....
      Makasih dah absen dimari,Mas..... :)

      Hapus
  14. wah enak tuh mbak, saya suka sama pecel

    maaf mbak baru bisa datang karena kesibukan di dunia nyata nih. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dijamin enak,Mas.....

      Ok deh....hehehe..... :)

      Hapus
  15. halo bunda hehe. lama nggk kesini tambah banyak resep2 nyaa
    enak nihh pecell :D

    BalasHapus
  16. kalau pecel, yang seru itu bumbunya..
    pedes dan lembut di lidah, mantab bun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaaaaaapppp...... :)

      Makasih dah mampir,Mas.... :)

      Hapus
  17. wah udah lama ngak berkunjung ke sii apa kabar bk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Q lebih lama lagi gak pernah blogwalking,Mas.... :)

      Hapus
  18. kalo dari fotonya sih peccelnya ga enak....
    :P
    kurang manis dan warnanya kurang menggairahkan...
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas kritiknya ya???

      Semua tergantung selera masing2,Mas bro.... :)

      Hapus
  19. Apa kabar nih bunda..
    Kok sudah lama nggak update lagi ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah baik,Mas.... :)
      Iya,neh....lg sbuk sama urusan dirumah...hehehe...
      Mas Odhzar pa kbr???

      Hapus
  20. Alhamdulillah deh kalau begitu..

    Owh..kewajiban mengurus keluarga memang harus lebih di prioritaskan..

    Berarti sekarang sudah ada waktu luang nih untuk persiapan bikin resep masakan baru..

    asyik..
    Mesti siap" pulpen nih saya..hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh.... :)
      Ditunggu ja ya,Mas...hehe.,

      Skrg lg sbuk di blog satunya yg masih baru,...he...

      Hapus
  21. Balasan
    1. hehehehe.....
      Makan aja,Mas... :)

      Makasih tas kunjungannya,Mas.... :)

      Hapus
  22. ajeb benner nih lele, lapar wak

    BalasHapus

**Berkomentarlah yang baik,sopan dan no spam

**Dimohon jangan mencantumkan link hidup di dalam komentar

**Berikan kritik dan saran Anda untuk membangun blog ini lebih baik lagi kedepannya

**Terima kasih dan silahkan berikan komentar Anda.... :)